NEWS
DETAILS
Sabtu, 05 Sep 2020 09:49 - Surabaya Honda Community

Halo Cak bro

#Cari_aman dalam berkendara adalah hal yang wajib diperhatikan oleh setiap pengendara agar terhindar dari kecelakaan.

Berbicara tentang kecelakaan banyak faktor yang menjadi penyebab kecelakaan di jalan.

Salah satunya adalah Microsleep.

Apa itu Microsleep?

Microsleep adalah tertidur tiba-tiba dalam waktu yang sangat singkat.

Kejadian microsleep biasaya berlangsung dalam satu detik hingga dua menit, namun bisa lebih lama jika orang tersebut benar-benar tertidur. Hal ini akan sangat berbahaya saat Anda tengah berkendara.

Nah, Cak bro sekalian wajib mengetahui cara mencegah microsleep itu agar terhindar dari kecelakaan saat berkendara.

Cara mencegah microsleep wajib diketahui karena bahaya yang ditimbulkan tak hanya berdampak pada diri sendiri, melainkan juga orang lain.

Pengemudi yang mengalami microsleep bisa kehilangan kendali sehingga berpotensi untuk menyebabkan kecelakaan.

Ada beberapa hal yang bisa Mencegah terjadinya Microsleep saat berkendara, yaitu ;

1. Berhenti Ketika Mengantuk

Saat di tengah perjalanan anda merasa mengantuk, anda bisa berhenti sejenak dan beristirahat. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan rest area yang ada di pom bensin terdekat. Tubuh setidaknya membutuhkan waktu sekitar 15 menit sampai 1 jam untuk bisa pulih kembali.

2. Istirahat Cukup

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah microsleep ketika berkendara yaitu beristirahat secara cukup sebelum melakukan perjalanan jauh. Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan fit, tidak mengantuk, dan tak mudah lelah. Cara mencegah microsleep yang satu ini semakin direkomendasikan untuk anda yang ingin berkendara pada malam hari. Adapun rentang waktu yang baik untuk mendapatkan tidur yang berkualitas yaitu 6-8 jam. Dengan demikian, anda bisa menempuh perjalanan secara fokus

3. Posisi Duduk saat berkendara

Memperhatikan posisi duduk juga menjadi salah satu cara untuk menghindari terjadinya microsleep. Dalam hal ini, pastikan anda duduk dengan posisi yang nyaman. Perlu diketahui bahwa posisi duduk ini terbukti ampuh untuk mengurangi rasa kantuk yang berkontribusi besar dalam microsleep.

4. Merenggangkan Badan

Cara mencegah microsleep yang bisa Cak bro lakukan lainnya yaitu merenggangkan badan. Cara yang satu ini bisa dilakukan ketika sudah menempuh perjalanan selama 2 jam. Segera istirahat dan lakukan peregangan sekitar 15 menit. Dengan begitu, tubuh tak akan letih lagi dan kembali bugar. Namun jika sebelum 2 jam perjalanan anda sudah lelah, maka jangan tunda lagi, segeralah menepi. Perlu untuk anda ketahui, cara ini tidak hanya bertujuan untuk mencegah microsleep saja, akan tetapi juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan.

Ada beberapa makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi untuk mencegah microsleep selama berkendara. Adapun makanan dan minuman tersebut diantaranya yaitu:

A. Air Putih

Perlu dipahami, pengendara akan lebih fokus selama menempuh perjalanan apabila cairan tubuhnya tercukupi secara baik. Bukan rahasia lagi jika kekurangan cairan tubuh atau yang juga dikenal dengan sebutan dehidrasi bisa menurunkan tingkat konsentrasi ketika berkendara. Minum air putih yang cukup pun terbukti mampu menghindari terjadinya microsleep.

B. Cemilan Sehat

Ada banyak cemilan sehat yang bisa anda konsumsi agar tak mengalami microsleep ketika berkendara. Adapun beberapa diantaranya yaitu buah, sayuran, kacang-kacangan, jus, gandum, dan susu. Selain menikmati cemilan sehat, pastikan anda menghindari konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan gas. Misalnya saja, nasi putih, roti, dan sereal. Cara mencegah microsleep yang satu ini terbukti ampuh karena makanan dengan kandungan tersebut bisa membuat pengendara menjadi mengantuk.

C. Kopi

Sebagian orang menyebut bahwa kopi tak baik untuk diminum jika ingin menempuh perjalanan, namun ada pula yang menganjurkannya. Sebenarnya minum kopi sebelum berkendara itu boleh-boleh saja. Namun, pastikan anda memberinya jarak waktu. Hal ini dikarenakan kopi memberi efek selama 30 menit usai diminum.

Apa yang telah diuraikan diatas perlu diketahui oleh para rider Honda karena bahaya yang ditimbulkan akibat microsleep ini tak hanya berdampak pada diri sendiri, melainkan juga orang lain. Dengan anda mengetahui apa saja cara mencegah microsleep saat berkendara, maka perjalanan anda akan terasa aman dan nyaman pastinya. 

Yuk #Cari_aman Cak bro

RELATED
NEWS