NEWS
DETAILS
Rabu, 31 Mar 2021 20:32 - Surabaya Honda Community

Halo Cak bro Bagi sampeyan yang sudah pernah merasakan sensasi berkendara Honda PCX 160 tentu tahu kenyamanannya saat dikendarai.

Nah, disini cak admin dan cak Agus dari komunitas Honda PCX Surabaya mencoba sensasi dari sisi yang lain yaitu cornering alias bermanuver dengan menggunakan Honda All New PCX 160.

Kenapa sensasi cornering menggunakan Honda PCX 160 perlu dicoba, simak alasanya Cak.

Seperti kita ketahui bahwa Honda PCX 160 ini ada perubahan pada bagian Tire atau Ban depan dan belakang serta Velg yang digunakan.

Untuk Honda PCX 150 lama ukuran velgnya 14 inci dengan dibalut ban ukuran 100/80 untuk depan dan 120/70 buat belakang. Sedangkan Honda PCX 160, ban yang digunakan lebih Besar alias Gambot dan Velg yang digunakan juga "Berbeda" antara depan dan belakang.

Kok bisa berbeda? Ya, Ini karena ukuran velg Depan 110/70 velg 14 inci sementara belakang 130/70 menggunakan velg 13 inci dengan desain velg baru Y shaped 5 spoke.

Nah tiba saatnya untuk turun langsung ke lintasan, kebetulan lintasan yang cak admin  dan cak Agus gunakan adalah sirkuit safety riding MPM Honda Jatim yang berada di Sedati Sidoarjo.

Oh ya sebelumnya cak admin mau kasih tahu, disini tinggi badan cak admin 170 cm dan berat badan 76 kg ternyata cukup nyaman.

Disini cak admin melakukan dua kali putaran keliling sirkuit sebagai pengenalan medan karena didalam sirkuit ada beberapa lintasan yang harus dilalui seperti trek lurus, lintasan angka 8, lintasan slalom.

Setelah pengenalan medan selesai saatnya beraksi untuk mencoba membawa Honda PCX 160 bermanuver miring-miring.

Saat cak admin dan cak Agus manuver cornering, kestabilan motor tetap terjaga karena tapak ban belakang yang gambot lebih banyak menempel ke permukaan jalan, hal dimaksudkan agar tenaga yang keluar dapat dimaksimalkan.

Kestabilan dan Keseimbangan tetap terjaga meski penggunaan ukuran velg dan ban yang berbeda.

Begitu juga saat digunakan saat slalom atau zig zag dengan sekali sentuhan gas Honda PCX 160 ini meliuk-liuk dengan stabil tidak terasa berat.

Disesi terakhir cak admin mencoba untuk melakukan tarikan gas full di trek lurus kemudian belok. Saat gas dibetot motor langsung ngacir dengan kencang dan ketika masuk tikungan cak admin mencoba untuk lebih rebahan sedikit dan hasilnya motor masih stabil.

Menurut cak Agus “Perfoma All New Honda PCX 160 cc sangat berbeda dengan PCX 150. Tenaganya lebih besar, ledakannya juga lebih besar, enak dipakai untuk turing atau sehari-hari. Handlingnya juga sangat stabil dan rem nya pakem tidak takut slip waktu berkendara. Tampilannya mewah dan elegan,” tambahnya

Honda PCX 160 pancen Josss tenan cak...

RELATED
NEWS