NEWS
DETAILS
Jumat, 11 Oct 2024 14:07 - Surabaya Honda Community

Perhelatan akbar silaturahmi biker Honda se Indonesia Honda Bikers Day 2024 di Magelang  menjadi daya tarik dan perhatian yang luas dari para biker Honda.

Setiap biker Honda tentu telah mempersiapan segala sesuatunya agar perjalanan touring menuju lokasi HBD 2024 di Lapangan Rindam Magelang aman dan lancar.

Disamping mempersiapkan motor agar aman saat digunakan berkendara di jalan, ada persiapan lain yang juga perlu diperhatikan yaitu menguasai skill berkendara yang baik dan benar agar terhindar dari potensi hal-hal yang merugikan salah satunya adalah kecelakaan di jalan raya.

Bagi biker yang akan melakukan perjalanan touring menuju ke lokasi HBD Magelang harap memperhatikan 5 hal berikut agar terhindar dari bahaya kecelakaan di jalan.

Ada lima faktor yang menyebabkan kecelakaan yang disebabkan oleh perilaku berkendara. diantaranya :

1. Ceroboh terhadap situasi lalu lintas di depan

Salah satu faktor yang paling banyak menyumbang kecelakaan di jalan raya adalah ceroboh saat berlalu-lintas khususnya melihat situasi lalu lintas di depan. Pengendara kurang memahami rambu-rambu lalu lintas, melawan arus, cara menyeberang jalan yang salah dan yang paling banyak adalah pengendara yang selalu menerobos lampu merah.

2. Gagal menjaga jarak aman

Menjaga jarak aman terhadap motor di depan sangat perlu terutama saat kondisi jalan yang padat. Kita dituntut untuk sabar, mampu mengendalikan sepeda motor dengan baik dan menjaga jarak aman dengan kendaraan sekitar baik depan dan belakang untuk memberikan ruang ketika melakukan pengereman

3. Ceroboh saat berbelok

Jika kita ingin pindah jalur atau belok kanan-kiri maka hal yang utama adalah memastikan bahwa kita telah memberi tanda akan melakukan perpindahan jalur atau berbelok. Hal ini diwajibkan untuk semua pengendara untuk selalu hati-hati saat berbelok, salah satunya menyalakan lampu sein yang tepat, melihat spion dan menengok ke belakang sebelum berbelok dan tentunya juga untuk selalu focus saat berkendara.

4. Melampaui batas kecepatan saat berkendara

Memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi tanpa melihat kondisi sekitar dan tidak mampu melakukan pengereman dengan baik tentunya sering menjadi penyebab kecelakaan di jalan raya. Begitu juga saat kita touring baik sendiri maupun rombongan kita wajib mematuhi aturan batas kecepatan ini agar bisa menghindari potensi terjadinya kecelakaan.

5. Gagal menyalip kendaraan

Menyalip kendaraan yang ada di depan perlu skill berkendara yang baik, salah satunya adalah kemampuan saat menyalip atau mendahului kendaraan di depan. Menyalip kendaraan ridak serta merta kita langsung gas tetapi kita harus paham situasi dan kondisi jalan, mengetahui posisi aman kendaraan dan tentunya gunakan etika saat menyalip seperti melihat spion, menyalakan lampu sein dan membunyikan bel sebagai pertanda bagi kendaraan di depan jika kita ingin mendahului.

"#Cari_Aman saat berkendara harus menjadi tujuan utama terutama saat gas ke Honda Bikers Day 2024 di Magelang agar kita bisa selamat sampai tujuan dan terhindar dari resiko dan potensi kerugian seperti kecelakaan dan menikmati acara bersama teman-teman Honda se Indonesia" imbuh Ilham Santosa instruktur safety riding MPM Honda Jatim.

RELATED
NEWS