NEWS
DETAILS
Kamis, 17 Sep 2020 18:27 - Surabaya Honda Community

Halo Cak bro

Ketika berkendara motor, pastinya kewaspadaan dan kehati-hatian harus ditanamkan. Hal ini agar tidak berakhir mencelakakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Berkendara tidak hanya soal bagaimana kita bisa mengendarai motor dengan aman saat di jalan tetapi kita juga wajib mempunyai etika saat kita di jalan.

Etika berkendara sendiri bertujuan untuk menghormati, menghargai, dan menjaga keselamatan orang lain sekaligus diri sendiri.

Ada beberapa perilaku dan etika yang bisa dilakukan agar kita selamat dan aman sampai ke tujuan.

1. Taati Peraturan Berkendara Setiap pengendara motor wajib memiliki surat ijin mengemudi (SIM) sebagai syarat mutlak, sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara hukum yang sah dan setidaknya memiliki bukti kredibilitas bahwa pengendara sudah menjalani uji kelayakan mengendarai motor.

2. Menggunakan Klakson Sesuai Waktunya Gunakan klakson sewajarnya dan jangan berlebihan, misal sebagai peringatan kendaraan di depan yang tidak melihat sisi blind spot-nya atau memperingatkan pengendara akan bagian kendaraan yang dikemudikan (biasanya ban mobil) yang mengalami permasalahan. Penggunakan klakson berlebihan dan mengganggu pendengaran bisa jadi membuat salah paham kendaraan lain. Akhirnya, bisa berujung keributan antar pengendara di jalan raya.

3. Lampu Sein Bukan Hiasan

Pengendara motor juga harus membiasakan diri untuk menggunakan lampu sein secara tepat. Lampu sein seyogyanya untuk memberi tanda kendaraan di belakang bahwa kita ingin berbelok di tikungan, pertigaan, perempatan, atau mendekati U-Turn yang berada di sisi berlawanan dari laju motor. Dalam memberikan tanda sein pengendara harus memberikan jarak sekitar 20 meter sebelum berbelok.

4. Tidak Memotong Jalan Secara Mendadak Hal satu ini biasanya dilakukan saat tergesa-tergesa diburu waktu. Tetapi, bukan berarti dibenarkan untuk memotong jalan secara mendadak karena hal ini sangat berbahaya dan mengundang risiko membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

Nah, cak bro ini wajib kita terapkan saat berkendara di jalan agar keselamatan berkendara tetap teejaga

RELATED
NEWS