NEWS
DETAILS
Jumat, 04 Sep 2020 08:48 - Surabaya Honda Community

Halo Cak bro

Pernah tidak pas lagi di jalan tiba-tiba mesin motor ngadat atau tiba-tiba mesin mesin mati sementara?

Kemungkinan penyebab itu adalah kondisi busi motor yang kita pakai.

Busi merupakan part motor yang bentuknya kecil tapi memiliki peran penting. Fungsinya sebagai pemercik api di ruang bakar tak bisa dianggap remeh, karena bila kondisinya sudah tidak baik maka otomatis bisa mempengaruhui performa kerja mesin.

Sebelum busi yang cak bro gunakan mati total, lebih baik cek secara rutin atau setidaknya memperhatikan tanda-tanda seperti di bawah ini :

1. Dari Suara Mesin

Dengarkan suara mesin ketika dihidupkan dalam keadaan netral. Apakah terdengar halus dan suaranya rata? jika Ya berarti busi normal. Tetapi jika terdengar suara mesin yang kasar berarti busi motor agan bisa saja rusak.

2. Mesin susah dinyalakan

Busi yang mulai rusak biasanya berefek samping pada sulitnya menghidupkan mesin, karena busi tidak menghasilkan percikan api yang cukup di dalam ruang bakar. Kalaupun menyala memerlukan beberapa kali starter, sehingga aki jadi cepat habis.

3. Mesin mati sementara

Gejala ketiga yang bisa terjadi karena busi mulai mati adalah ketika Cak bro mengendarai motor dijalanan tiba-tiba mesin mendadak mati, tetapi pas kita gas lagi mesin hidup kembali, atau biasanya disebut dengan mesin mati sementara 

4. Akselerasi berkurang

Apabila Cak bro merasa akselerasi motor kurang maksimal dari biasanya, hal ini bisa saja disebabkan busi yang mulai bermasalah. Ketika menarik gas, tarikan motor jadi tidak seresponsif biasanya.

Nah, jika ciri-ciri diatas terjadi pada motor Cak bro berarti ada masalah pada kondisi busi sampeyan, maka segera ke Ahass terdekat dan ganti busi motor dengan yang baru.

Semoga bermanfaat Cak bro.

RELATED
NEWS