NEWS
DETAILS
Jumat, 17 Jul 2020 22:17 - Surabaya Honda Community

Halo Cak bro....

Pernah merasakan pemakaian BBM boros..

Pernah merasakan mesin motor susah dihidupkan...

Salah satu penyebabnya adalah kemungkinan kondisi busi pada motor kita.

Nah, sampai seberapa jauh pengaruh kondisi busi pada performa motor kita, yuk kita kupas lebih dalam.

Seperti yang sudah diketahui busi merupakan salah satu part yang fungsinya sangat penting untuk mesin terutama pada sepeda motor.

Busi atau Spark plug adalah suatu suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar.

Busi dipasang untuk membakar bensin  yang telah dikompres oleh piston. Percikan busi berupa percikan elektrik.

Pada bagian tengah busi terdapat elektrode yang dihubungkan dengan kabel ke koil pengapian (ignition coil) di luar busi, dan dengan ground pada bagian bawah busi, membentuk suatu celah percikan di dalam silinder.

Cara kerja busi dimulai ketika arus listrik dihidupkan oleh koil pengapian. Perlu dicatat koil menghasilkan sumber listrik yang cukup tinggi, arus listrik tersebut lalu mengalir ke distributor, kabel tegangan tinggi dan juga busi.

Pada saat arus listrik ada di busi, arus tersebut akan lompat dari elektroda tengah menuju elektroda negative (masa).

Proses inilah yang menghasilkan percikan bunga api yang bertugas untuk membakar kabut bahan bakar sehingga membuat mesin motor bisa hidup dan bekerja sebagaimana mestinya. .

Nah, karena fungsinya ini maka Cak bro sekalian kudu paham dengan kondisi busi pada motor kita.

Ada beberapa kondisi busi yang bisa mempengaruhi performa motor kita.

1. Busi terlalu panas

Akibat yang terjadi jika busi terlalu panas adalah mesin menjadi terlalu panas, beberapa komponen mesin menjadi rusak karena suhu ruang mesin yang terlalu panas, pemakaian BBM menjadi boros dan penurunan akselerasi motor.

2. Busi yang kotor

Akibat yang bisa ditimbulkan adalah mesin susah untuk dihidupkan, pembakaran menjadi tidak sempurna, mesin bisa mbrebet cak dan RPM mesin busa tidak stabil.

3. Busi mengalami keausan

Akibat busi yang aus adalah penurunan power motor dan penurunan akselerasi motor.

Untuk itu perlu pengecekan dan bila perlu pergantian busi secara berkala agar hal-hal diatas tidak terjadi pada motor kita.

Dan yang lebih penting adalah lakukan servis motor di AHASS dan gunakan spare part resmi Honda agar terjaga keawetannya.

RELATED
NEWS